Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering? Cek Di Sini!

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering? Cek Di Sini!

Kulit kering sering kali membuat seseorang tidak merasa nyaman bahkan kurang percaya diri. Meskipun begitu, kulit kering sebenarnya bukanlah masalah serius. Tetapi, dalam kebanyakan kasus hal ini disebabkan oleh faktor-faktor seperti cuaca panas atau dingin, kelembapan udara yang rendah, dan terlalu sering berendam atau mandi air panas. 

Banyak cara mengatasi kulit kering yang Anda alami, termasuk menggunakan pelembab dan menghindari sabun yang terlalu keras serta membuat kulit kering. Selain dua hal tadi, kira-kira apa lagi cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kulit kering? Cek pada artikel berikut, yuk!

Cara mengatasi kulit kering

Banyak hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, salah satunya adalah penggunaan alat rumah tangga seperti pembersih piring, cairan pembersih lantai, penyegar udara, serta detergen. Beberapa produk tersebut dapat menghilangkan banyak air dan minyak yang dibutuhkan oleh kulit dan menyebabkan kekeringan serta iritasi. 

Bagi beberapa orang, kulit kering dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius seperti eksim dan dermatitis. Nah, berikut beberapa cara yang Anda dapat lakukan untuk mengatasi kulit kering. 

  1. Kenakan sarung tangan untuk pekerjaan rumah

Saat melakukan pekerjaan rumah yang berhubungan dengan cairan pembersih, ada baiknya untuk menggunakan sarung tangan yang berguna untuk melindungi kulit tangan dari pembersih ataupun detergen yang bisa menjadi penyebab iritasi kulit. 

Anda bisa menggunakan sarung tangan non-lateks saat akan membersihkan rumah. Dengan begitu kulit akan terhindar dari hal-hal yang dapat menyebabkan kulit kering hingga iritasi. 

  1. Mandi dan lembapkan kulit setelah berenang

Air kolam renang yang menggunakan klorin pun dapat menjadi salah satu penyebab kulit kering. Perawatan terbaik yang bisa Anda lakukan adalah, setelah renang segeralah bilas dengan air bersih dan sabun yang lembut. Setelah itu, gunakan pelembab untuk melindungi kulit dari kekeringan. Hal ini akan membantu kulit Anda mempertahankan kelembapannya dan mencegah kekeringan di masa yang akan datang. 

  1. Coba minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak esensial yang dapat membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan terlindungi. Namun, konsultasikan dahulu dengan dokter untuk menambahkan minyak kelapa pada makanan Anda yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit Anda. Anda pun dapat menggunakannya sebagai pelembap dan mengoleskannya pada kulit. 

  1. Gunakan petroleum jelly

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif salah satu cara mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan petroleum jelly ini. Pasalnya, petroleum jelly ini sangat lembut di kulit Anda. pun dapat Anda gunakan untuk menenangkan kulit kering, dari bibir hingga tangan dan kaki. 

Selain aman, petroleum jelly pun mudah di dapat dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga Anda dapat menggunakannya sesering mungkin. Atau, Anda bisa mencari pelembap yang mengandung shea butter, ceramades, asam stearat, atau gliserin. Semua bahan tersebut merupakan kaya akan pelembap yang dapat membantu Anda melindungi kulit dan melembapkannya. 

Terakhir, carilah krim tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk mendapatkan manfaat tambahan dari perlindungan matahari. Anda dapat menemukan tabir surya yang melembapkan sebagai salep, krim, gel, bahkan dalam bentuk semprotan atau spray

  1. Bersihkan tungau 

Salah satu hal yang dapat mengiritasi kulit adalah tungau debu. Pasalnya, tungau ini dapat membuat kulit gatal dan lama-lama bisa menyebabkan kulit iritasi. Untuk mencegah gatal akibat tungau serta iritasi kulit, sedot atau vakum lantai dan karpet serta cuci tempat tidur serta sofa rumah dengan air setidaknya satu minggu sekali. Namun, kini sudah banyak jasa pembersih tungau yang bisa Anda panggil kapanpun Anda butuh untuk membersihkannya. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi. 

  1. Waspada udara dingin

Musim dingin atau udara dingin yang kering adalah penyebab umum dari kulit kering dan iritasi. Membuat rumah atau ruangan tetap hangat adalah hal yang baik, namun jangan menghilangkan kelembapan dari udara itu sendiri yang bisa membuat kulit kering semakin kering. 

Untuk membuat kelembapan udara rumah tidak cepat hilang, Anda dapat menggunakan humidifier pada kamar tidur. Selain itu, beberapa humidifier kini sudah ada pengaturan untuk seberapa lembap udara yang diinginkan. Disarankan untuk membuat kelembapan udara sekitar 50%. 

Jadi, cara mengatasi kulit kering dapat Anda mulai dengan mengganti sabun mandi ataupun sabun pembersih rumah yang dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Satu hal lagi, mandi air hangat terlalu sering ataupun berendam air hangat pun dapat menghilangkan minyak alami dalam tubuh dan bisa menyebabkan kulit kering. Jangan terlalu sering berendam air panas dan dengan durasi yang terlalu lama. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>