Buah Dewandaru: Baik Untuk Kesehatan

Image result for buah dewandaru

Buah dewandaru atau buah pitanga tumbuh di bagian Amerika Selatan seperti Argentina dan Brasil. Buah tersebut merupakan buah yang berbentuk serupa dengan labu, namun memiliki ukuran kecil dan warnanya juga beragam. Buah dewandaru tumbuh dalam empat warna, antara lain hijau, kuning, oranye, dan merah.

Buah dewandaru merupakan bahan antioksidan yang memiliki banyak vitamin dan nutrisi berupa protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C sehingga mampu membantu menjaga daya tahan tubuh manusia.

Anda dapat membelinya di pasar atau secara online seperti Tokopedia dan Bukalapak. Harganya dibanderol sekitar Rp 100.000,00, tergantung seberapa matang yang dijual di pasaran. Anda juga dapat membeli bibit buah dewandaru yang dijual dengan harga sekitar Rp 25.000,00.

Manfaat Buah Dewandaru

Buah dewandaru memiliki banyak manfaat dan baik untuk dikonsumsi. Karena memiliki banyak vitamin dan nutrisi, manfaat buah dewandaru antara lain:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat utama buah dewandaru adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah dewandaru terdapat vitamin A dan vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh manusia. Tidak hanya menjaga kekebalan tubuh, namun juga berperan dalam melawan infeksi. Semakin tinggi kekebalan tubuh yang dimiliki manusia, peluang untuk terhindar dari risiko penyakit akibat bakteri dan virus meningkat.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat lain yang diperoleh dari buah dewandaru adalah mampu menjaga kesehatan mata. Buah dewandaru memiliki asupan vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pasokan darah ke bagian mata. Oleh karena itu, buah dewandaru adalah salah satu cara yang tepat untuk mencegah penyakit pada mata seperti katarak.

3. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat lain yang diperoleh dari buah dewandaru adalah untuk menjaga kesehatan kulit manusia. Buah dewandaru yang merupakan bahan antioksidan mampu mencegah manusia mengalami penuaan dini. Buah dewandaru memiliki kandungan vitamin A yang berperan dalam memperlancar aliran darah pada permukaan kulit dan mengurangi keriput.

4. Memperbaiki pola tidur

Manfaat lain yang diperoleh manusia jika mengkonsumsi buah dewandaru adalah mampu memperbaiki pola tidur. Buah dewandaru mengandung melatonin sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur manusia.

5. Menurunkan berat badan

Buah dewandaru juga memiliki rendah kalori sehingga bagi manusia yang ingin melakukan diet, buah tersebut adalah buah yang ideal untuk dikonsumsi.

6. Menjaga tekanan darah

Buah dewandaru memiliki sifat antihipertensi, yang artinya mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Anda hanya perlu konsumsi buah ini secara teratur untuk mencegah tekanan darah tinggi.

7. Mencegah kanker

Buah dewandaru yang memiliki kandungan vitamin C juga mampu melawan radikal bebas berupa kanker.

8. Mengurangi risiko stroke dan jantung

Manfaat lain yang diperoleh buah dewandaru adalah untuk mencegah terjadinya stroke dan penyakit jantung. Buah dewandaru mengandung likopen, beta-cryptoxanthin, gamma-carotene, dan rubixanthin untuk melawan radikal bebas dan mencegah penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung.

Sama seperti buah lain, Anda dapat secara langsung mengkonsumsi buah dewandaru. Namun, buah dewandaru juga sering dijadikan sebagai selai dan jeli karena memiliki rasa yang manis dan asam. Di Amerika Selatan pada umumnya digunakan sebagai acar atau saus.

Buah dewandaru mampu menjaga kesehatan Anda jika Anda ingin mencobanya. Buah dewandaru memiliki banyak manfaat karena terdapat banyak kandungan seperti vitamin C dan kalsium sehingga buah tersebut menjadi pertimbangan orang-orang untuk dikonsumsi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>