Manfaat Olahraga Yang Mungkin Belum Anda ketahui

Olahraga didefinisikan sebagai setiap gerakan yang membuat otot Anda bekerja dan mengharuskan tubuh Anda untuk membakar kalori. Menjadi aktif dengan olahraga telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Tetapi kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk berolahraga, baik karena sibuk, atau Anda memiliki pekerjaan yang berpindah-pindah. Jika Anda belum mengubah kebiasaan olahraga Anda, berita baiknya adalah tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Terdapat banyak jenis aktivitas fisik, termasuk berenang, berlari, jogging, berjalan, menari dan masih banyak olahraga lainnya. Anda dapat mulai dengan perlahan, dan menemukan cara untuk menyesuaikan lebih banyak aktivitas fisik ke dalam hidup Anda. 

Agar mendapatkan manfaat olahraga secara maksimal, Anda harus mencoba untuk mendapatkan jumlah latihan yang disarankan untuk usia Anda. Jika Anda bisa melakukannya, hasilnya adalah Anda akan merasa lebih baik, membantu mencegah atau mengendalikan banyak penyakit, dan bahkan mungkin hidup lebih lama. Berikut manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari olahraga secara rutin:

  • Membantu Anda mengontrol berat badan

Seiring dengan diet, olahraga memainkan peran penting dalam mengendalikan berat badan Anda dan mencegah obesitas. Untuk mempertahankan berat badan Anda, kalori yang Anda makan dan minum harus sama dengan energi yang Anda bakar. Untuk menurunkan berat badan, Anda harus menggunakan lebih banyak kalori daripada makan dan minum.

  • Mengurangi resiko penyakit jantung

Olahraga memperkuat jantung Anda dan meningkatkan sirkulasi Anda. Peningkatan aliran darah meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh Anda, sehingga membantu menurunkan resiko penyakit jantung seperti kolesterol tinggi, penyakit arteri koroner, dan serangan jantung. Olahraga teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida Anda.

  • Membuat Anda merasa lebih bahagia

Olahraga terbukti memiliki manfaat dalam meningkatkan mood Anda dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan dan stres. Olahraga menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan Anda. Hal ini juga dapat meningkatkan sensitivitas otak untuk hormon serotonin dan norepinefrin, yang menghilangkan perasaan depresi. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yang diketahui membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri.

  • Baik untuk otot dan tulang Anda

Olahraga memainkan peran penting dalam membangun dan mempertahankan otot dan tulang yang kuat. Aktivitas fisik seperti angkat berat dapat merangsang pembentukan otot ketika dipasangkan dengan asupan protein yang memadai. Hal ini karena olahraga membantu melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuan otot Anda untuk menyerap asam amino yang membantu mereka tumbuh dan mengurangi kerusakannya.

  • Meningkatkan energi Anda

Terlibat dalam aktivitas fisik teratur dapat meningkatkan tingkat energi Anda. Hal ini benar bahkan pada orang dengan kelelahan yang berkepanjangan dan mereka yang menderita penyakit serius.

  • Membantu kesehatan kulit

Olahraga ringan dapat memberikan perlindungan antioksidan dan meningkatkan aliran darah, yang dapat melindungi kulit Anda dan menunda tanda-tanda penuaan.

  • Membantu kesehatan dan memori otak

Olahraga dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi daya ingat dan keterampilan berpikir Anda. Olahraga teratur meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu kesehatan otak dan memori. Di antara orang dewasa yang lebih tua, hal ini dapat membantu melindungi fungsi mental.

  • Mempromosikan kehidupan seks yang lebih baik

Olahraga telah terbukti meningkatkan gairah seks. Olahraga dapat membantu meningkatkan hasrat, fungsi, dan kinerja seksual pada pria dan wanita. Olahraga juga dapat membantu mengurangi resiko disfungsi ereksi pada pria.

Olahraga menawarkan manfaat luar biasa yang dapat meningkatkan hampir setiap aspek kesehatan Anda dari dalam ke luar. Baik Anda berlatih olahraga tertentu atau mengikuti pedoman aktivitas selama 150 menit per minggu, Anda pasti akan meningkatkan kesehatan Anda dalam banyak cara dengan berolahraga.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>