Perlengkapan Persalinan yang Perlu Dipersiapkan di Masa Pandemi Covid-19

Hari perkiraan lahir si buah hati sudah semakin dekat tapi Anda masih bingung perlengkapan persalinan apa saja yang dibutuhkan? Ada baiknya mulai dipersiapkan dari sekarang. Apalagi persalinan di masa pandemi coronavirus ini.

perlengkapan persalinan

Sebelum proses kelahiran, ada prosedur  yang berbeda dari biasanya yang harus Anda dilewati. Seperti melakukan pemeriksaan laboratorium atau rontgen terlebih dahulu. Anda juga harus konsuotasi mengenai covid-19 dengan dokter sebelumnya.

Selain itu, barang-barang perlengkapan persalinan yang harus dibawa juga akan semakin banyak dari biasanya.

Lalu, apa saja sih perlengkapan persalinan yang perlu dipersiapkan di tengah Covid-19 ini agar tetap aman dan proses persalinan lancar? Check this out!

Perlengkapan Persalinan yang Harus Anda Bawa

Barang-barang  yang perlu Anda bawa ke rumah sakit saat hari kelahiran memang ada sedikit penambahan. Oleh karena itulah, ada baiknya untuk dipersiapkan jauh-jauh hari agar tidak ada yang terlupa.

  1. Masker

Masker sudah jadi barang wajib yang harus dibawa dan dipakai saat beraktivitas di luar rumah. Bawalah beberapa masker cadangan untuk beberapa hari di rumah sakit. Setidaknya gantilah masker setiap 4 jam sekali agar tetap efektif.

  • Hand Sanitizer dan Disinfektan

Di masa pandemi Covid-19 ini, sering-seringlah cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir setidaknya selama 40 detik. Atau bisa juga dengan menggunakan hand sanitizer saat mendesak.

Selain itu, bawa juga disinfektan untuk membersihkan benda-benda atau barang yang sering disentuh banyak orang. Meskipun mungkin di rumah sakit protokol kesehatan sudah dilakukan secara maksimal, tapi tak ada salahnya untuk Anda menyediakannya sendiri.

  • Makanan Ringan dan Minuman

Meski terdengar sepele, tapi Anda juga perlu membawa makanan dan minuman sendiri. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, pasti jumlah orang yang boleh menemani di rumah sakit dibatasi. Akan sedikit repot bila pasangan Anda mesti keluar saat lapar. Ada baiknya juga untuk meminimalisir keluar masuk ruang inap demi menjaga diri dari terpapar coronavirus.

  • Baju Menyusui

Agar merasa nyaman dan mudah saat menyusui sang bayi, siapkan baju menyusui berkancing depan. Sediakan juga baju ganti untuk dipakai selama Anda berada di rumah sakit.

  • Nursing Bra dan Breast Pad

Dua benda ini tak kalah penting dan tak boleh ketinggalan. Nursing bra juga akan membantu kamu saat menyusui nantinya. Bawa juga breast pad untuk mencegah keluarnya ASI dan menyebabkan pakain basah.

  • Pakaian Dalam dan Pembalut Maternity

Anda akan memasuki masa nifas pasca melahirkan. Oleh karena itu perlu untuk mempersiapkan cukup banyak celana dalam sebagai cadangan dan pembalut maternity. Apalagi beberapa hari setelah melahirkan darah yang keluar cukup banyak sehingga perlu diganti sesering mungkin, setidaknya sekali dalam dua jam.

  • Peralatan Mandi

Anda dan pasangan tentu saja akan bermalam di rumah sakit setelah melahirkan hingga kondisi Anda mulai kuat. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membawa peralatan mandi seperti sabun, shampoo, serta kondisioner. Terlebih setelah melahirkan biasanya rambut menjadi rontok. Pilihlah shampoo dan kondisioner yang aman dan cocok digunakan pada rambut Anda.

Selain itu, jangan lupa juga membawa sikat gigi dan pasta gigi. Pastikan pasta gigi yang digunakan terbuat dari bahan yang tidak berbahaya, ya!

  • Sandal

Anda akan sangat membutuhkan sandal selama berada di rumah sakit. Misalnya mau ke kamar mandi, atau ke ruangan lain bila ada perlu. Bawalah alas kaki yang tidak licin agar lebih aman. Menggunakan sandal selama berada di rumah sakit akan menjaga Anda dari penularan berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

  • Ikat Rambut

Benda yang satu ini memang terdengar sepele tapi sangat bermanfaat bagi Anda saat di rumah sakit. Terlebih bagi pemilik rambut panjang. Jangan biarkan rambut berantakan mengganggu aktivitas Anda saat mengurus sang bayi.

  1. Relaxing Massage Oil dan Herbal Oil

Menanti proses kelahiran memang membuat Anda sedikit tegang dan khawatir. Relaxing massage oil bisa membantu membuat Anda merasa lebih rileks. Pilihlah aroma-aroma yang Anda suka, lalu oles di punggung dan telapak kaki.

Atau bila Anda merasa nyeri punggung atau pegal seusai persalinan, bisa juga minta bantuan suami untuk membalurkan herbal oil di bagian yang terasa nyeri. Ini akan sangat membantu Anda merasa lebih nyaman dan rileks.

  1. Nipple Cream

Masalah lain yang juga dihadapi oleh para Ibu adalah puting lecet ketika menyusui si bayi. Apalagi ketika menyusui pertama kali. Sehingga, Anda akan sangat membutuhkan nipple cream yang mengandung bahan alami agar aman apabila tertelan oleh bayi mungil Anda.

  1. Stretch Mark Cream

Anda mungkin sudah rutin mengoleskan krim stretch mark sejak masa awal kehamilan. Setelah melahirkan bukan berarti Anda bisa berhenti menggunakannya. Menggunakan krim penghilang stretch mark ini akan membantu menyamarkan dan membuat kulit lebih kencang.

  1. Face moisturizer

Selama di rumah sakit setelah melahirkan bukan berarti membuat Anda boleh mengabaikan kondisi kulit wajah. Apalagi suhu ruangan rumah sakit yang dingin tentu membuat kulit Anda lebih kering. Oleh sebab itu, penting untuk membawa pelembap wajah.

  1. Baju untuk Pulang dari Rumah Sakit

Tentu Anda tidak mau keluar dari rumah sakit dengan pakaian menyusui yang lecek. Ingat untuk membawa satu pasang pakaian yang longgar dan alas kaki yang nyaman untuk perjalanan pulang dari rumah sakit. Lebih gemes lagi bila Anda menggunakan pakaian senada dengan yang digunakan si bayi.

Sebaiknya perlengkapan persalinan ini dipersiapkan lebih awal. Bila perlu Anda bisa membuat catatan berupa list agar tidak ada satu barang pun yang terlewatkan. Apalagi melahirkan di tengah pandemi coronavirus akan membuat prosedur rumah sakit menjadi lebih ketat karena harus mengikuti protokol kesehatan. Jadi tetap berpikir positif dan rileks agar semua prosesnya terlewati dengan lancar.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>