Tahukah Anda, Manfaat Bir Hitam Bagi Kesehatan?

Meminum bir hitam yang tinggi kandungan flavonoid dipercaya dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh

Mengonsumsi minuman beralkohol memang sangat kontroversial. Apalagi konsumsi jenis minuman tertentu yang dianggap memiliki kadar alkohol tinggi, seperti bir hitam. Namun, tahukah Anda ada banyak manfaat bir hitam bagi kesehatan?

Munculnya warna hitam pada jenis bir ini karena prosesnya melibatkan biji barley yang dipanggang. Kandungan dalam biji barley ini juga turut menambah daftar manfaat bir hitam.

Meski tidak dapat disamakan dengan jenis minuman lain yang lebih menyehatkan, seperti jus buah atau sayur, manfaat bir hitam tetap layak untuk diketahui.

1. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan di dalam bir hitam cukup tinggi, oleh sebab itu bir hitam dapat membantu untuk menangkal dampak buruk radikal bebas. Sudah bukan rahasia lagi bahwa radikal bebas memicu banyak sekali masalah kesehatan. Sehingga asupan zat antioksidan tentu akan memberikan manfaat baik bagi tubuh.

2. Sumber asam folat

Manfaat bir hitam salah satunya dipengaruhi oleh asam folat yang terkandung di dalamnya. Di dalam bir hitam terdapat sekitar 12,8 mikrogram asam folat atau setara dengan 3,2% kebutuhan asam folat harian.

Asam folat sendiri tak hanya bermanfaat untuk ibu hamil lho. Secara umum, asam folat dapat membantu proses regenerasi sel tubuh dan mencegah anemia.

3. Mengandung banyak serat

Bir hitam termasuk jenis bir yang memiliki kandungan serat tinggi. Sebab biji barley memang mengandung serat lebih banyak dibandingkan biji-bijian malt lainnya. Dengan demikian, salah satu manfaat bir hitam adalah melancarkan proses pencernaan.

4. Rendah kalori

Meski sangat kaya rasa dan memiliki konsistensi busa yang pekat, bir hitam termasuk jenis yang rendah kalori.

5. Mengandung zat besi

Dibanding bir jenis lain, bir hitam mengandung zat besi lebih tinggi. Terdapat sekitar 121 ppb (part per billion) zat besi di dalam bir hitam, lebih banyak daripada bir jenis lain yang hanya mengandung 92 ppb zat besi.

Seperti telah diketahui, zat besi merupakan mineral yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Zat besi juga berperan dalam membawa oksigen dari paru-paru ke berbagai bagian tubuh.

6. Mencegah penyakit jantung

Pencegahan penyakit jantung tentu sangat komplek. Perlu menerapkan gaya hidup sehat serta konsumsi makanan yang tepat. Namun, bir hitam dipercaya turut andil dalam pencegahan, meski bukan satu-satunya faktor. Sebab bir hitam disebut-sebut dapat meningkatkan HDL atau jenis kolesterol ‘baik’.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association Scientific Sessions, dilaporkan bahwa orang yang minum bir dalam porsi wajar selama 6 tahun terakhir mengalami penurunan HDL yang paling lambat.

Untuk memperoleh manfaat bir hitam secara optimal, jumlah yang dikonsumsi harus mengikuti anjuran yang berlaku. Bagi laki-laki, konsumsi bir hitam per hari maksimal sejumlah 2 gelas. Sedang bagi perempuan, dianjurkan maksimal hanya mengonsumsi 1 gelas bir hitam saja per hari. Konsumsi bir hitam secara berlebihan, yaitu 15 gelas dalam sepekan bagi laki-laki dan 8 gelas dalam sepekan untuk perempuan, akan menimbulkan masalah. Alih-alih memperoleh manfaat bir hitam, justru akan timbul berbagai gangguan kesehatan, antara lain masalah liver, masalah pankreas, serta tekanan darah tinggi. Tak hanya itu,  minum bir hitam berlebihan juga berpotensi menyebabkan kelebihan berat badan. Perlu diingat, selain jumlah maksimal bir hitam yang dikonsumsi, frekuensinya pun tidak boleh terlalu sering.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>